Tanpa Ribet! Inilah 5 Cara Memperbaiki Baterai HP Cepat Habis

5 Cara Memperbaiki Baterai HP Cepat Habis – Apakah Anda sering alami baterai HP cepat habis meskipun sebenarnya baru dicas? Kondisi ini tentu pasti membuat penggunanya kecewa seketika. Ditambah saat seseorang pada kondisi penting tetapi harus kehabisan baterai HP. Kebanyakan orang umumnya akan langsung menuju tempat servis untuk memperbaiki baterai HP yang cepat habis.

Bahkan juga ada juga orang yang rela membeli HP baru dengan kapasitas baterai yang lebih besar. Walau sudah melakukan hal tersebut, tidak dapat disangkal bila suatu saat baterai HP akan cepat habis. Masalahnya penggunaan handphone yang kurang tepat inilah yang menjadi pemicu utama bateria HP jadi cepat habis.

Sebelum ke tempat servis atau membeli baru, coba lakukan cara berikut untuk memperbaiki baterai HP yang cepat habis, seperti yang dilansir dari Sumber terpercaya kami.

1. Periksa Aplikasi yang Berjalan Pada Latar Belakang

Berikut ini beberapa langkah-langkahnya:

  • Periksa Penggunaan Baterai
  • Buka Pengaturan handphone Anda
  • Klik Menu Baterai
  • Buka Penggunaan baterai
  • Pilih Tampilkan penggunaan perangkat penuh.

Di sini Anda bisa melihat aplikasi apa yang paling banyak menghabiskan daya baterai HP Anda, termasuk durasi waktu aktif dan latar belakang aplikasi yang sedang berjalan. Sehingga, Anda bisa membatasi aplikasi dengan penggunaan baterai tinggi dengan memeriksa penggunaan baterai.

Umumnya, aplikasi yang menghabiskan banyak daya ialah aplikasi yang sering Anda pakai. Tetapi, bila ada aplikasi yang tidak dipakai, Anda bisa mencoba menghapus aplikasi tersebut atau membatasi penggunaannya.

2. Matikan Fitur Pengatur Kecerahan Otomatis

Banyak HP hadir dengan fitur yang disebut Auto-Brightness, di mana HP Android Anda akan secara otomatis mengatur tingkat kecerahan dengan mendeteksi keadaan cahaya.

Jadi Anda bisa memperbaiki baterai HP yang cepat habis dengan mematikan Kecerahan Otomatis.

3. Matikan Pemberitahuan atau Notifikasi Tidak Penting

Beberapa aplikasi akan secara otomatis meminta untuk mengirim pemberitahuan di HP Android Anda, tapi sebenarnya ada banyak pemberitahuan yang tidak bermanfaat untuk kebutuhan anda.

Anda dapat membuka Pengaturan> Aplikasi dan hapus centang “Tampilkan Pemberitahuan” di aplikasi ini.

Cara ini cukup efektif untuk memperbaiki baterai yang cepat habis.

4. Non-aktifkan Koneksi Secara Manual

Bila Anda mengaktifkan layanan seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS sepanjang waktu, maka mereka akan segera menghabiskan baterai Anda. Anda bisa membukanya saat Anda perlu memakainya dan ini akan menghemat banyak baterai di HP Anda.

5. Persingkat Batas Waktu Layar di Android

Batas waktu layar atau Screen Out menentukan berapa lama layar HP Anda tetap menyala setelah digunakan. Tentunya feature ini dapat membuat baterai cepat habis bila layar Anda terus menyala saat Anda tidak memakainya.

Atur saja ke waktu tersingkat.

Disamping itu, untuk mengirit masa pakai baterai dan mengurangi waktu layar menyala, cobalah tidak untuk menonton video dalam waktu yang lama, bermain games dengan grafis tinggi, atau terlalu banyak memakai camera.

Penutup

Demikian cara memperbaiki baterai yang cepat habis, tidak perlu langsung dibawa ke tukang servis.