penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia

Minyak bumi adalah salah satu hasil alam yang sangat melimpah di negara Indonesia, sehingga menyandang predikat sebagai salah satu negara dengan penghasil minyak terbesar di dunia. Sekitar 915.798 barel minyak bumi diambil setiap harinya di Indonesia, minyak tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 1883 oleh A. G. Zeijiker.

Tempat tambang ini berada di Telaga Tiga dan Telaga Said, Pangkalan Brandan, Provinsi Sumatera Utara. Hasil ini menjadi awal berdirinya Shell Perusahaan minyak asing yang berasal dari Netherland dan semakin melebar ke daerah-darah yang lain.

4 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia

berikut ini adalah beberapa daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia yang kami kutip dari ilmutambang.com, antara lain:

1. Provinsi Riau

Provinsi Riau menjadi salah satu provinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia, jumlah minyak mentah yang dihasilkan di daerah ini mencapai 3.658.277 barrel /hari. Jumlah tersebut menyumbang sepertiga dari seluruh produksi miinyak bumi harian di negara Indonesia.

Keistimewaan dari minyak mentah di Riau adalah viskositas yang dimiliki sangat bagus untuk ukuran hidrokarbon. Dengan demikian, minyak mentah tersebut tergolong paling baik di negara Indonesia.

2. Kalimantan Timur

Provinsi Kalimantan Timur juga menyokong hasil minyak bumi yang melimpah, meskipun tidak sebanyak di Riau. Hal tersebut bisa dibuktikan adanya kota minyak di daerah tersebut, yakni Balikpapan.

Provinsi ini mampu menghasilkan minyak sekitar 134.6226 barrel per hari yang mengandung minyak mentah 60.331 barrel dan sisanya adalah kondensat. Selain memiliki cadangan minyak yang sangat melimpah, di provinsi ini juga terdapat gas alam yang sangat banyak. Bahkan di daerah ini terdapat pengolahan gas alam.

3. Jawa Timur

Selain terkenal dengan sektor wisata yang sangat bagus, wilayah Jawa Timur juga memiliki pertambangan yang sangat populer, yakni blok brantas dan blok cepu. Blok brantas adalah area penambangan perusahaan Bakri yang saat ini menjadi lumpur lapindo.

Ladang minyak di provinsi ini cukup banyak, yakni berkisar 52.616 barrel setiap harinya. Rincian dari minyak tersebut adalah 326 barrel kondensat dan 52.290 barrel minyak mentah.

4. Laut Jawa

Di Laut Jawa yang membentang dari kota Sumatera hingga Jawa Barat juga ada sumber gas alam serta minyak bumi yang cukup banyak. Sumur minyak di laut ini bersifat netral, yakni tidak ada provinsi yang mengklaim daerah tersebut.

Jika semua kapasitas produk pada sumur-sumur yang ada di laut jawa digabung, maka setiap hari ada 65.154 barrel minyak bumi dihasilkan. Jika dijabarkan minyak mentah yang ada sekitar 62.130 dan kondensatnya 3.024 barrel.

Nah itulah beberapa daerah di Indonesia menghasilkan minyak bumi terbanyak. Bagaimana? Sangat banyak bukan hasil minyak bumi yang dihasilkan di Indonesia?