jenis jenis kelinci

Jenis-Jenis Kelinci Paling Populer

Jenis Kelinci – Jenis kelinci yang ada di dunia ini sangat banyak sekali, di negara Indonesia sendiri ada banyak jenis kelinci yang di impor dari berbagai belahan dunia. Biasanya kelinci ini dimanfaatkan daging dan bulunya, misalnya saja seperti kelinci California.

Seiring berkembangnya zaman, antusiasme masyarakat Indonesia terhadap kelinci semakin meningkat. Bukan hanya itu saja, peminat daging kelinci juga semakin banyak, sehingga menjadi sebuah peluang bagus bagi para peternak kelinci untuk membudidaya kelinci pedaging.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai jenis-jenis kelinci paling populer di dunia, simak ulasannya dengan baik.

Jenis-Jenis Kelinci Paling Populer

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis kelinci paling populer yang kami kutip dari tipsbudidaya.com, antara lain.

1. Kelinci Angora

Jenis kelinci yang pertama adalah Kelinci Angora, kelinci ini berasal dari Turki. Kelinci ini memiliki bulu yang sangat lebat, panjang, dan lembut. Bulu kelinci Angora berwarna putih dan sering digunakan sebagai bahan kain.

Ada beberapa jenis kelinci Angora yang bisa anda jadikan sebagai referensi pengetahuan. Misalnya saja seperti Kelinci English Angora, Satin Angora, dan Giant Angora.

Harga kelinci ini sangat berwariasi, tergantung pada usia kelinci tersebut. Untuk kelinci yang berumur 1-3 bulan harganya berkisar Rp 250.000. Seedangkan untuk yang dewasa berkisar Rp 250.000 sampai Rp.3.000.000.

2. Kelinci Holland Lop

Jenis kelinci yang kedua adalah Kelinci Holland Lop, jenis kelinci ini sangat unik. Berikut ini adalah ciri-ciri dari kelinci Holland Lop, antara lain.

  • Bentuk telinga menggantung ke bawah.
  • Badan Seimbang dan padat.
  • Warna bervariasi, ada yang putih dan ada abu-abu.
  • Matanya berwarna merah atau coklat.
  • Tubuh lebih panjang sekitar 12-23 cm.

Kelinci ini sendiri mempunyai berbagai jenis, seperti english lop, dwarf lop, Angora lop, holland lop dan lain sebagainya.

Harga kelinci ini berkisar Rp 3.000.000 sampai Rp. 4.000.000. Tapi harga kelinci ini juga berdasarkan usia dan jenis dari masing-masing kelinci.

3. Kelinci Flemish Giant

Kelinci yang ketiga adalah Kelinci Flemish Giant, kelinci ini berasal dari Argentina. Bobot kelinci ini bisa mencapai 22 kg, dengan bobot seperti ini menjadikan kelinci ini terkenal sebagai kelinci raksasa.

Ciri-ciri kelinci ini memiliki tubuh panjang dan daun telinga lebar. Warna bulu kelinci ini tersedia dalam berbagai variasi, yaitu seperti hitam, abu-abu cerah, hitam kecoklatan, biru, putih, dan flawn.